Home » , , , , » Facebook Digugat Mengenai Ikon "LIKE" ?!

Facebook Digugat Mengenai Ikon "LIKE" ?!

By Unknown on Selasa, 12 Februari 2013 | 02.29

Ga nyangka kan, Facebook yang sebesar itu kena gugatan hukum gara-gara aplikasi yang paling digemari, LIKE. Dimana pada setiap yang kita sukai pada Facebook pasti kita menggunakan tombol LIKE tersebut untuk mengungkapkannya.

Namun ternyata Facebook terancam menghadapi gugatan hukum terkait penggunaan ikon "like" dan fitur lain yang digunakan. Adalah perusahaan pemegang paten asal Belanda Rembrandt Social Media, yang menuntut atas nama programmer yang telah meninggal dunia, Joannes Josef Everardus van Der Meer.

Dilansir dari laman BBC yang Liputan6.com kutip Selasa (12/2/2013), Rembrandt Social Media menilai sukses Facebook berkat penggunaan ikon "like". Sedangkan "like" dan sejumlah fitur di Facebook dianggap menggunakan paten Van Der Meer tanpa izin.

Facebook Digugat Mengenai Ikon "LIKE" ?!
Facebook
Sebuah gugatan hukum dilayangkan Rembrandt Social Media kepada Facebook di pengadilan federal di Virginia, Amerika Serikat.

"Kami percaya paten Rembrandt mewakili pondasi dasar dari media sosial yang kita ketahui itu, dan kami berharap hakim dan juri menyepakati hal yang sama berdasarkan bukti yang ada," kata pengacara Tom Melsheimer, dari Fish and Richardson yang mewakili Rembrandt.

Van Der Meer membangun sejumlah fitur penting saat membangun jejaring sosial bernama Surfbook, sebelum meninggal di tahun 2004. Programer Belanda itu kemudian mendapat jaminan paten pada 1998, lima tahun sebelum kemunculan Facebook.

Surfbook merupakan buku harian berbasis sosial yang memungkinkan pengguna bisa share informasi ke teman di jejaring. Menurut dokumen gugatan, pengguna Surfbook juga menggunakan tombol yang kini digunakan Facebook untuk ikon "like".

Facebook belum memberikan komentar dan menanggapi gugatan ini. Selain Facebook, media sosial lain yang juga digugat adalah Add This.[ref:liputan6.com]
5 Info Ben Nafi: Facebook Digugat Mengenai Ikon "LIKE" ?! Ga nyangka kan, Facebook yang sebesar itu kena gugatan hukum gara-gara aplikasi yang paling digemari, LIKE. Dimana pada setiap yang kita suk...
Share this article :
 
Copyright © 2013. Info Ben Nafi - All Rights Reserved
Powered by Blogger